Menghilangkan Noda Sulit di Pakaian

Mencuci pakaian adalah salah satu urusan rumah yang paling vital. Biasanya setiap rumah akan mencuci pakaian setiap satu atau dua hari sekali. Minimum satu kali seminggu.

Yang terakhir, biasanya terjadi pada orang yang kost dengan biaya mengirit. Saya dulu pernah mengalami hal tersebut. Kalau waktu di masa awal-awal kuliah mungkin masih sempat mencuci pakaian satu atau dua kali seminggu, akan tetapi jika sudah tingkat-tingkat akhir, malah tidak sempat walau jadwal kuliah makin berkurang. Akhirnya menggunakan jasa cucian.

Berbicara tentang mencuci, biasanya permasalahan yang ada adalah masalah noda di pakaian. Apalagi noda itu noda yang sulit dihilangkan dan berada di pakaian yang berwarna cerah. Seperti noda lumpur dan tanah liat dimana lumpur atau tanah liatnya hilang, akan tetapi warnanya tetap menempel pada pakaian. Biasanya semua mesin cuci pasti perlakuannya sama, hilang kotorannya tapi tidak hilang warna nodanya.

Bisa juga noda itu berupa bekas luntur pakaian lain. Biasanya cucian pertama pakaian baru dari bahan batik atau bahan berwarna lain kadang tidak disadari akan luntur dan menempel pada pakaian lain sehingga membuat noda pada pakaian.

Nah, untuk menghadapi persoalan tersebut ada tips untuk membuat noda itu hilang. Yang paling baik sebenarnya adalah tips untuk mencegah terjadinya noda, yaitu antara lain memisahkan cucian berwarna dari warna putih atau warna lain yang cerah. Begitu juga pakaian baru harus dipisahkan, baik pakaian baru dengan sifat bahan berbeda. Pisahkan pakaian baru bahan batik dengan bahan lainnya.

Tips menghilangkan noda sulit atau membandel ini saya dapatkan dari ibu saya. Saya tidak tahu apa nama metode menghilangkan noda sulit ini. Beberapa waktu yang lalu ada teman mengatakan metode ini seperti mengelantang (kata dasarnya kelantang). Akan tetapi, menurut yang saya tahu metode ini bukan metode kelantang.

Cara menghilangkan noda sulit atau membandel ini adalah sebagai berikut:

  1. Basahkan pakaian yang bernoda sulit dengan air bersih.
  2. Oleskan sabun mandi pada noda sulit atau bisa juga pada semua permukaan pakaian dengan tujuan membuat pakaian cemerlang. Gunakan sabun mandi batangan apa saja asal berwarna putih.
  3. Jemur pakaian yang telah dioleskan sabun mandi batangan tersebut.
  4. Setelah kering atau setengah kering, pakaian tersebut kembali disiram air bersih.
  5. Sikat pakaian pada noda membandel atau seluruhnya juga bisa dengan tujuan cemerlang. Sikat sebenarnya tidak perlu, mungkin istilah di rumah adalah ‘kucek-kucek’ pakaian dengan tangan khususnya pada noda membandel.
  6. Setelah disikat, bilas pakaian tersebut dan bila perlu oleskan kembali sabun mandi batangan tersebut sekali lagi dan langsung dicuci seperti biasa mencuci manual.
  7. Bilas pakaian dan buktikan bahwa noda itu telah hilang dan pakaian bisa cemerlang seperti semula.

Metode ini sering saya pergunakan untuk mencuci pakaian anak-anak saya. Tahu saja, anak-anak kalau main semua noda bisa saja ada dari berbagai sumber, baik tinta, tanah, makanan dan lain-lain. Begitu juga pakaian dewasa karena noda karat atau lainnya. Mudah-mudahan metode ini berhasil buat Anda semua.

Semoga bermanfaat.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s